About

Stok Beras Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

 on Minggu, 25 Desember 2011  

JAKARTA – Pemerintah memastikan stok beras menjelang Natal dan Tahun Baru 2012 aman. Kepastian ini terlihat saat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa yang didampingi oleh Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan dan Menteri BUMN, Dahlan Iskan melakukan kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur pada hari Kamis (22/12). 

Dalam kunjungan tersebut, diketahui bahwa kondisi harga beras di pasar cukup stabil. Demikian juga dengan pasokan beras yang tersedia cukup banyak di pasar dimana setiap hari sebanyak 3000 ton beras masuk PIBC. “Ini artinya suplay beras hingga kini masih cukup kuat. Bahkan harga relative stabil meski sedang musim paceklik,” demikian menurut Hatta Rajasa. Untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga beras di pasar, pemerintah juga telah melaksanakan Operasi Pasar (OP) dengan harga 6.300/kg. Operasi Pasar ini tidak hanya dilakukan di Jakarta tetapi juga di daerah lain harganya menunjukan peningkatan. 

“Untuk menjaga stok beras, kami sudah menginstruksikan Bulog agar tetap melakukan Operasi Pasar sampai Januari mendatang. Setelah Januari diperkirakan stok beras di pasar akan meningkat seiring mulai masuknya musim panen,” kata Hatta. Hingga akhir tahun ini, pemerintah telah menggelontorkan beras untuk Operasi Pasar sebanyak 370 ribu ton. 

Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun ini. Disela kunjungan pasar tersebut, Menteri Pertanian menyatakan jika untuk tahun depan Pemerintah belum bisa memastikan perlu tidaknya tambahan stok beras. Namun demikian, jika ada impor maka hal tersebut hanya untuk menjaga apabila terjadi gangguang produksi padi dalam negeri.

Sumber: deptan.go.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

J-Theme