Informasi Lowongan CPNSD Kota Balikpapan Tahun Anggaran 2012-2013

 on Sabtu, 11 Agustus 2012  

WALIKOTA BALIKPAPAN
P E N G U M U M A N
NOMOR : 810/1138/BKD-MUTASI/2012
TENTANG PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH (CPNSD) YANG DIKECUALIKAN DARI PELAMAR UMUM DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN TAHUN ANGGARAN 2012

Berdasarkan Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: R/97/M.PAN-RB/06/2012 tanggal 11 Juni 2012 perihal Persetujuan Rincian Alokasi Tambahan Formasi CPNS Daerah Untuk Jabatan yang dikecualikan Tahun 2012, dengan ini diberitahukan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan akan menyelenggarakan Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dari pelamar umum formasi Tahun anggaran 2012 dengan ketentuan sebagai berikut :
A. PERSYARATAN
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
3. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
4. Pada tanggal 01 Januari 2013 usia pelamar serendah – rendahnya genap 18 Tahun  dan setinggi – tingginya genap 35 Tahun;
5. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan lowongan formasi jabatan sebagaimana terlampir.
6. Waktu melamar telah memiliki ijazah perguruan tinggi / ijazah diploma dengan nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) / NIlai Rata-Rata minimal sebagai berikut :
a. Eksakta = 2,50
b. Non Eksakta = 2,75
7. Tidak Pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
8. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
9. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil;
10.Tidak berkedudukan sebagai anggota atau Pengurus Partai Politik;
11.Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
12.Telah terdaftar pada Dinas / Kantor Tenaga Kerja setempat dibuktikan dengan Kartu Pencari Kerja (AK.1);
13.Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort setempat;
14.Sehat Jasmani dan Rohani, serta tidak pernah mengkonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya / bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter Pemerintah;
15.Bersedia untuk mengabdi pada Pemerintah Kota Balikpapan secara terus menerus selama 8 (delapan) Tahun, dibuktikan dengan surat pernyataan yang dibubuhi materai Rp 6000,-.
B. PENDAFTARAN
Bagi peminat yang memenuhi syarat sebagaimana huruf A di atas dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan lamaran melalui PT. Pos Indonesia lewat layanan khusus pendaftaran CPNSD mulai tanggal 09 Agustus 2012 s.d 23 Agustus 2012 (cap pos) dengan ketentuan sebagi berikut :
1. Lamaran ditulis pada kertas folio bergaris dengan tulisan tangan sendiri, huruf Kapital warna hitam, ditandatangani sendiri oleh pelamar, dengan dibubuhi materai Rp. 6000,- ditujukan kepada Walikota Balikpapan PO.BOX.501 Balikpapan, dengan disertai lampiran sebagai berikut :
• Foto copy Ijazah Terakhir dan transkrip, yang dilegalisir basah (tidak boleh hasil scanning) oleh Perguruan Tinggi yang mengeluarkan Ijazah sebanyak 1 (satu) lembar (bukan Ijazah sementara / keterangan lulus / bukti yudisium);
• Foto copy Akte Kelahiran / Kenal lahir yang dilegalisir oleh Instansi yang mengeluarkan;
• Pas foto warna terbaru latar belakang merah ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (lembar) lembar;
• Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan telah disyahkan Kecamatan/Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebanyak 1 lembar;
• Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang diterbitkan oleh Kepolisian Resort Kabupaten/Kota dengan keperluan : melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan telah dilegalisir oleh Kepolisian Resort Kabupaten/Kota yang menerbitkan;
• Foto copy tanda bukti pencari kerja / Kartu Kuning (AK-1) yang diterbitkan oleh instansi berwenang dan telah dilegalisir oleh instansi yang menerbitkan, bagi pencari kerja berasal dari luar Kota Balikpapan diwajibkan melapor untuk dicatat pada Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan;
• Amplop kabinet putih yang telah ditulisi tentang tujuan panggilan test/ balasan surat lamaran, ditujukan kepada nama dan alamat lengkap pelamar beserta nomor telepon, amplop ini akan diisi balasan lamaran, dan sekaligus panggilan mengikuti tes bagi yang lulus seleksi administrasi;
• Dalam surat lamaran harus dicantumkan : Nama lengkap, Jenis kelamin, Tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, Nomor telepon rumah /HP yang mudah dihubungi, formasi yang dilamar beserta kodenya, kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan;
• Surat lamaran beserta lampiran dimasukan dalam amplop warna coklat dan di sudut kiri amplop ditulis Kode Jabatan yang dilamar : Contoh untuk jabatan guru kelas adalah 002 :
• Berkas lamaran sebelum dimasukkan sampul / amplop coklat terlebih dahulu dimasukkan map sebagai berikut :
a. Tenaga Guru : Warna Kuning
b. Tenaga Kesehatan : Warna Merah
c. Tenaga Teknis : Warna Hijau
2. Keterangan lainnya seperti asli Kartu Tanda Pencari Kerja (AK-1), Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Pemerintah, Surat – Surat Pernyataan Calon Pegawai Negeri Sipil dan lain – lainnya ( sesuai Persyaratan PP, Nomor 98 Tahun 2000 ) dilengkapi menyusul setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi;
3. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mengajukan lamaran 1 (satu) kali, Apabila mengajukan lebih dari 1 (satu) kali, maka lamaran pertama yang dianggap sah;
4. Biaya jasa pengiriman pendaftaran dan balasan melalui PT. Pos Indonesia menjadi tanggung jawab pelamar;
C. PELAKSANAAN UJIAN TKD, TKB DAN TES PSIKOLOGI LANJUTAN
1. Ujian Tertulis Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes Kompetensi Bidang (TKB) akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2012 yang hanya dapat diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan lulus Seleksi administrasi;
2. Perlengkapan yang dibawa pada waktu Ujian tertulis :
• Asli Tanda Peserta Ujian CPNS Tahun 2012;
• Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
• Pensil 2B;
• Karet Penghapus;
• Rautan;
• Ballpoint;
• Papan Alas Tulis;
• Penggaris Pengisian LJK (Lembar Jawaban Komputer)
3. Tes Psikologi lanjutan / Wawancara akan diumumkan kemudian, setelah peserta yang telah dinyatakan lulus ujian tertulis TKD ,TKB.
D. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
1. Pengumuman hasil seleksi administrasi didasarkan pada kelengkapan kesesuaian kualifikasi dan legalitas berkas, akan diberitahukan pada tanggal 01 September 2012 baik melalui Papan Pengumuman di Badan Kepegawaian Daerah, papan pengumuman Kantor Pos, Situs bkd.balikpapan.go.id maupun melalui surat yang dikirim untuk pelamar melalui PT. Pos Indonesia;
2. Peserta yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti ujian Tes Kompentensi Dasar yang meliputi tes wawasan kebangsaan, Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), kemudian dilanjutkan dengan ujian Tes Kompetensi Bidang yang dapat berbentuk Tes tertulis / Tes Praktek (Performance test).
3. Peserta yang lulus Tes tertulis TKD dan TKB berhak mengikuti Tes Psikologi Lanjutan dan atau Tes Wawancara;
4. Pengumuman hasil seleksi CPNS tahap akhir didasarkan pada hasil ujian Tes  Psikologi lanjutan/wawancara dengan jumlah alokasi sesuai formasi CPNSD Tahun 2012, yang akan diumumkan melalui media cetak, papan pengumuman di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Balikpapan, Kantor Pos dan Situs bkd.balikpapan.go.id.
E. KETENTUAN LAIN – LAIN :
1. Bagi Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan administrasi tidak mendapat panggilan mengikuti ujian tertulis;
2. Berkas lamaran tidak dikembalikan;
3. Bagi pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau memberikan keterangan palsu dinyatakan tidak lulus / gugur;
4. Selama pelaksanaan pengadaan CPNS tidak menerima / melayani berkas lamaran yang dikirim secara langsung;
5. Hal – hal lain yang belum diatur dan atau dalam hal terjadi perubahan akan diberitahukan kemudian.

FORMASI CPNS DAERAH UNTUK JABATAN YANG DIKECUALIKAN BAGI PELAMAR UMUM TAHUN 2012 DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN
1 TENAGA GURU 74
GURU SD NEGERI 49
1. Guru Kelas 002 S.1 PGSD III/a 47
2. Guru Kelas 002 S.1 Pendidikan Luar Biasa / S.1 Pendidikan Khusus III/a 1
3. Guru Terapi Khusus 044 S.1 Bimbingan dan Konseling / Psikologi III/a 1
GURU SLB NEGERI 4
1. Guru Kelas 002 S.1 Pendidikan Luar Biasa / S.1 Pendidikan Khusus III/a 1
2. Guru Kesenian 034 S.1 Pendidikan Kesenian / S.1 Kesenian III/a 1
3. Guru Otomotif 021 S.1 Pendidikan Teknik Mekanik Otomotif / S.1 Teknik Otomotif III/a 1
4. Guru Teknik Informatika 045 S.1 Pendidikan Informatika / S.1 Informatika III/a 1
GURU SMP NEGERI 5
1. Guru Teknik Informatika dan Komputer (TIK) 020 S.1 Pendidikan Informatika / S.1 Informatika III/a 5
GURU SMA NEGERI 8
1. Guru Kesenian 034 S.1 Pendidikan Kesenian / S.1 Kesenian III/a 3
2. Guru Teknik Informatika dan Komputer (TIK) 020 S.1 Pendidikan Informatika / S.1 Informatika III/a 5
GURU SMK NEGERI 8
1. Guru Teknik Komputer Jaringan 037 S.1 Pendidikan Informatika / S.1 Informatika III/a 3
2. Guru Teknik Perkapalan 046 S.1 Pendidikan Teknik Perkapalan / S.1 Teknik Perkapalan III/a 1
3. Guru Akuntansi 025 S.1 Pendidikan Akuntansi III/a 2
4. Guru Bidang Akomodasi Perhotelan 047 S.1 Pendidikan Perhotelan / S.1 Perhotelan III/a 1
5. Guru Tata Kecantikan 048 S.1 Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan / S.1 Tata Rias dan Kecantikan III/a 1
2. TENAGA KESEHATAN 25
1. Dokter Umum 061 Dokter Umum III/b 8
2. Perawat 065 D.III Keperawatan II/c 13
3. Perawat Gigi 065 D.III Keperawatan Gigi II/c 2
4. Perawat Anaestesi 065 D.III Keperawatan Anaestesi II/c 2
3. TENAGA TEKNIS 9
1. Analis Pemulihan Laut / Pesisir 174 S.1 Ilmu Kelautan III/a 1
2. Analis Pencegahan Dampak Lingkungan 139 S.1 Teknik Kimia III/a 1
3. Mediator Hubungan Industrial 157 S.1 Hukum III/a 1
4. Penera 086 D.III MIPA ( Fisika / Matematika / Statistika ) II/c 1
086 D.III Elektro II/c 1
5. Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) 150 D.II PKB II/b 2
6. Perencana Jaringan Transportasi 175 D.IV Transportasi Darat III/a 1
7. Metrologi 086 S.1 Hukum III/a 1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

J-Theme