Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation Dibuka!

 on Sabtu, 06 Oktober 2012  

Pertamina Foundation menyediakan 205 beasiswa bagi mahasiwa di 17 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Tidak hanya berprestasi secara akademik, para pendaftar juga harus memiliki wawasan dan budaya lingkungan.
Ke-17 PTN yang digandeng Pertamina Foundation dalam program beasiswa ini adalah:
1. Universitas Syiah Kuala (Aceh)
2. Universitas Sumatera Utara (Sumatera Utara)
3. Universitas Sriwijaya (Sumatera Selatan)
4. Universitas Indonesia (DKI Jakarta)
5. Institut Teknologi Bandung (Jawa Barat)
6. Universitas Padjajaran (Jawa Barat)
7. Institut Pertanian Bogor (Jawa Barat)
8. Universitas Gadjah Mada (DIY)
9. Universitas Diponegoro (Jawa Tengah)
10. Institut Teknologi Sepuluh November (Jawa Timur)
11. Universitas Brawijaya (Jawa Timur)
12. Universitas Airlangga (Jawa Timur)
13. Universitas Udayana (Bali)
14. Universitas Mulawarman (Kalimantan Timur)
15. Universitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan)
16. Universitas Mataram (Nusa Tenggara Barat), dan
17. Universitas Cendrawasih (Papua).

Untuk melamar beasiswa ini, selain terdaftar di 17 PTN tadi sebagai mahasiswa S-1, calon pendaftar haruslah merupakan mahasiswa semester III hingga VII yang telah menyelesaikan semester keempat. Pendaftar juga haruslah sudah aktif sebagai member www.sobatbumi.com.

Perlu diingat, beasiswa ini hanya berlaku bagi mahasiswa kelas reguler. Dan tidak berlaku bagi mahasiswa kelas ekstensi dan kelas internasional serta PTN di luar negeri. Pendaftar juga tidak boleh bekerja sebagai pegawai tetap selama masa studi atau terikat dengan pemberi beasiswa lain.

Karena terbatasnya kuota, maka pendaftar juga harus bersedia menjalani proses seleksi yang diselenggarakan Pertamina Foundation dan mematuhi aturan pendaftaran beasiswa Pertamina Foundation.

Pendaftaran dilakukan secara online di website Beasiswa Sobat Bumi. Formulir pendaftaran sudah bisa diakses sejak 1 Oktober 2012. Nah, siapkan dahulu berkas pendaftarannya:
- Foto kopi kartu tanda mahasiswa (KTM)
- Fotokopi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 pada skala 4,00
- Fotokopi tagihan listrik rumah dan/atau biaya sewa rumah
- Fotokopi rekening tabungan a/n calon di Bank yang ditentukan oleh PF
- Salinan biodata (CV)
- Surat keterangan sehat
 - Foto profil bebas santai ukuran 4×6 cm
-  Surat rekomendasi dari bagian kemahasiswaan PTN/fakultas tempat kuliah
-  Pembawa surat rekomendasi tokoh masyarakat nasional khususnya penggiat gerakan hidup ramah lingkungan, akan menjadi pertimbangan tambahan.

Jika terpilih sebagai penerima beasiswa, maka beasiswa ini akan diberikan hingga semester delapan, dan diberikan untuk pertama kalinya pada saat penerima beasiswa dinyatakan lulus seleksi penerimaan Beasiswa Sobat Bumi. Ingat ya, beasiswa ini akan dihentikan jika si penerima tidak dapat menyelesaikan studinya pada jangka waktu yang ditentukan.

Penerima Beasiswa Sobat Bumi akan mendapatkan biaya pendidikan yang besarnya sesuai ketentuan PTN masing-masing dan biaya hidup Rp400 ribu per bulan. Apabila dipandang perlu oleh Pertamina Foundation, maka dapat dilakukan penyesuaian besarnya biaya hidup yang diberikan kepada penerima beasiswa sesuai dengan kondisi daerah tempat perguruan tinggi dimana Penerima Beasiswa terdaftar.

Beasiswa Sobat Bumi juga akan memberikan dukungan proyek kelompok dengan nominal ratusan juta rupiah per tahun dan dukungan untuk tugas akhir yang terseleksi dengan nominal Rp15 juta. Tidak hanya itu, para scholar juga berkesempatan menjadi sukarelawan di Pertamina Foundation, mengikuti pertemuan tahunan Pertamina Foundation Scholar se-Indonesia, dan mengikuti pelatihan kepemimpinan.

Informasi lengkap bisa disimak di tautan ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

J-Theme